ERP

Enterprise Resource Planning

Implementasi ERP

Apa itu ERP? Sebelumnya telah kita bahas definisi dan keuntungan dalam pemanfaatan ERP. Dan bahasan  kita kali ini adalah penerapan sistem ERP pada perusahaan. 

Sistem ERP adalah sistem yang cukup rumit karena mengintegrasikan banyak fungsi bisnis di dalamnya.  Mengimplementasikan sistem ERP dilakukan oleh stakeholders yang bekerja sama dengan vendor untuk  mencapai tujuan bisnis. 

Tidak ada implementasi ERP yang sama, tetapi ada strategi dan tahapan yang sama untuk membuat  perusahaan paham setelah membeli dan menggunakan solusi baru berupa pemanfaatan sistem ERP ini. Tidak ada jangka waktu yang pasti dalam proses implementasi sistem ERP, tergantung pada jenis dan  kompleksitas softwarenya. Bisa saja hanya 30 hari atau sampai satu tahun sampai benar-benar selesai. Semakin besar skala perusahaan, maka akan membutuhkan waktu yang lama juga dalam implementasinya  karena proses bisnisnya lebih rumit dan perlu training banyak user. 
 

Business-Photo

Photo by fauxels: https://www.pexels.com/photo/people-having-a-meeting-3184303/
Bagaimana Penerapan ERP Dalam Bisnis?

Sebelum melakukan penerapan/implementasi dalam pemanfaatan sistem ERP memerlukan langkah - langkah khusus yang dapat dilakukan yaitu : 

1. Memahami kebutuhan bisnis

Tahap ini bertujuan mengidentifikasi masalah dan peluang melalui proses yang sistematik serta  memberi gambaran situasi dan menentukan hasil akhir. 

2. Business Process Improvement

Pada kasus tertentu, ada baiknya pihak perusahaan merapikan dan menyederhanakan proses  bisnisnya sebelum memulai mengimplementasikan sistem ERP. 

✓ Business Process 

✓ Standardisation Operation Procedure (SOP) 

3. Menemui beberapa vendor ERP.

Bekerjasama dengan vendor yang tepat, dari pembuatan ERP hingga penawaran yang sesuai dengan  kebutuhan bisnis, riset harga, dan memastikan vendor selalu memberikan dukungan penuh pada  perusahaan. 

4. Team Force (Team Internal Implementation) 

Setelah selesai dengan proses pemilihan vendor, selanjutnya perlu dibentuk tim implementasi sistem.  Tim ini terdiri dari perwakilan pihak perusahaan dan pihak vendor yang akan saling bekerja sama  selama tahap persiapan dan implementasi sistem. Setiap anggota tim ini harus mempunyai hirarki,  tugas dan wewenang yang jelas. Dari tim implementasi inilah proses perencanaan implementasi sistem  dimulai. 

5. Fit Gap Analysis 

Merupakan tahap dimana tim implementasi akan berdiskusi secara intensif mengenai bisnis proses  yang diperlukan oleh perusahaan dan sejauh mana ini dapat dipenuhi oleh sistem. Dokumentasi  standard operating procedure akan diperlukan untuk melakukan analisis Fit Gap. 

Bisnis yang berkembang merupakan salah satu hal yang diinginkan bagi setiap perusahaan. Bisnis yang maju  memerlukan software ERP untuk menunjang kebutuhan operasional bisnis. Dan kami PT. Intersolusi  Teknologi Asia ( BTS.id ) menyediakan layanan pembuatan ERP yang dapat memudahkan kegiatan bisnis  yang cocok untuk berbagai perusahaan. 

Pastikan ketika melakukan implementasi ERP, vendor mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dan  mendukung apabila ada perubahan jika suatu saat perusahaan anda semakin berkembang. Pemanfaatan  sistem ERP adalah sebuah investasi jangka panjang bagi perusahaan, karena memiliki banyak sekali  keuntungan dan manfaatnya untuk saat ini dan masa depan. 

Keuntungan penerapan ERP: 

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah implementasi sistem ERP, sedikit mengingatkan Kembali  keuntungan pemanfaatan sistem ERP pada perusahaan :

ERP-in-organization

➢ Integrasi Data 

Keuntungan pertama dalam pemanfaatan ERP adalah dapat menggabungkan data dari berbagai  departemen dan sistem menjadi satu sumber data terpusat.  

➢ Efisiensi Operasional 

Keuntungan kedua adalah mengotomatisasi proses bisnis, menghilangkan tugas manual

yang  berulang, dan meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini terkait pada efisiensi

waktu dan biaya.

➢ Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik 

Keuntungan berikutnya dengan akses yang mudah ke data terkini dan laporan yang akurat,  manajemen dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan berdasarkan pada informasi yang  relevan. 

➢ Peningkatan Kolaborasi 

Keuntungan lainnya dalam pemanfaatan sistem ERP memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara  departemen dan tim dalam organisasi 

➢ Pengendalian yang Lebih Baik 

Keuntungan selanjutnya dalam implementasi ERP adalah menyediakan kontrol yang lebih baik 

terhadap operasi bisnis dan aksesibilitas data dan akan meningkatkan keamanan data.
➢ Skalabilitas dan Pertumbuhan

Sistem ERP dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan

skala  bisnis. Dengan sistem yang dapat ditingkatkan, organisasi dapat menyesuaikan diri

dengan kebutuhan  yang berkembang seiring waktu. 

➢ Peningkatan Layanan Pelanggan
Dengan akses yang cepat ke informasi pelanggan dan proses  yang lebih efisien, organisasi dapat meningkatkan layanan pelanggan mereka dan meningkatkan  kepuasan pelanggan. 
 

Success-ERP

Photo by Edmond Dantès: https://www.pexels.com/photo/people-smiling-8553867/
Kunci sukses implementasi sistem ERP pada perusahaan 

Dalam proses implementasi ERP, ada beberapa poin kunci yang sekiranya memiliki pengaruh besar dalam  proses implementasi ERP pada perusahaan. 

Poin-poin yang dimaksud sebagai berikut : 

a) Dukungan dari manajemen eksekutif / Top Management 

Pemanfaatan sistem ERP memerlukan dukungan dari manajemen level atas, hal ini dikarenakan  implementasi sistem ERP yang mencakup semua departemen dalam suatu organisasi/perusahaan  akan menyebabkan keterkaitan antar departemen tersebut sehingga diperlukan koordinasi serta  pengawasan sebagai bentuk dukungan/support dari manajemen eksekutif. 

b) Jebakan Harapan / Ekspektasi 

Dalam implementasi ERP, jebakan ekspektasi ini seringnya lebih terjadi sebagai ekspektasi yang  berlebihan (over expectation). Beberapa penelitian menunjukkan dimana sekitar 50% proyek  implementasi ERP berakhir dengan status tantangan (challenges), dimana salah satu definisi  challenges adalah fitur dan fungsi sistem baru tidak sesuai dengan harapan. 

Pertanyaannya menjadi penting, apakah sebelum membeli sistem baru kita sudah mengetahui  kebutuhan atau harapan yang kita inginkan? 

c) Cetak Biru Proses Bisnis / Business Process Blueprint 

Hal selanjutnya yang merupakan salah satu kunci sukses implementasi sistem ERP adalah diskusi  mengenai proses bisnis yang ada di perusahaan anda. Tujuan dari diskusi ini adalah agar pihak  konsultan atau siapapun yang membantu anda dapat mengerti dengan persis apa yang terjadi saat  ini, dan kebutuhan perusahaan kedepan. 

d) Manajemen Persiapan Data 

Kita sudah sangat sering mendengar istilah Garbage in Garbage Out, persiapan data untuk  perpindahan ke sistem baru sering terlewatkan dan menjadi salah satu kendala yang fatal dalam  proses implementasi ERP. 

Misalnya perusahaan ritel dengan jumlah master data barang diatas 2 juta, bisa dibayangkan  memindahkan data sejumlah itu dan bagaimana validitas dari data tersebut? 

Apakah semuanya akan dipindahkan? atau hanya yang aktif saja? Lalu bagaimana menentukan  barang yang aktif?

e) Training ( pelatihan ) 

Dalam proses pemanfaatan sistem ERP training atau pelatihan dibutuhkan untuk menjelaskan proses  yang disepakati, yang telah dijelaskan sebelumnya pada beberapa poin di atas dan bagaimana  caranya bekerja dengan sistem yang baru. Kemudian melakukan sosialisasi mengenai penggunaan  sistem baru, agar tim terkait dapat melakukan uji coba, apakah sudah sesuai dengan keinginan dan  kebutuhan perusahaan. 

f) Testing ( pengujian ) 

Testing merupakan aktivitas yang sangat penting dan kritikal dalam proses implementasi ERP, pada  tahap ini setelah tim proyek calon pengguna sudah mengerti bagaimana menggunakan sistem,  kemudian melakukan pengujian secara lengkap dan benar. Tujuan dari testing sudah pasti untuk  menguji.  

Menguji apakah sistem sudah bekerja sesuai blue print?  

apakah hasil dan perhitungannya sudah sesuai dengan yang diharapkan?  

apakah terjadi kondisi di luar ekspektasi? 

g) Apakah Semua Calon Pengguna (user) Sudah Siap ? 

Umumnya tidak semua calon pengguna (user) terlibat di dalam proyek implementasi ERP, misalnya  ketika perusahaan anda ingin menggunakan suatu sistem baru dan anda memiliki 100 calon  pengguna sistem baru, mungkin hanya sekitar 20 orang yang akan terlibat dalam organisasi dan aktivitas proyek implementasi sistem baru tersebut, 20 orang yang terlibat itu akan menjadi pengguna  ahli anda dan sisanya menjadi pengguna biasa. Sementara kesiapan user adalah satu kunci sukses  implementasi sistem ERP. 

h) Go Live Strategy – Parallel Run Vs Cut Off 

Salah satu keputusan penting dan juga menjadi salah satu kunci penentu dalam pemanfaatan sistem  ERP adalah memutuskan apakah pada saat sistem baru mulai berjalan (go live), sistem lama akan  tetap digunakan? atau sistem lama langsung tidak digunakan (Cut Off)?  

Atau mungkin masih akan paralel dulu dengan sistem lama setelah beberapa waktu yang disepakati,  demi keamanan jika terjadi masalah pada sistem baru maka masih ada back up data dari sistem lama,  sehingga tidak mengganggu operasional perusahaan. 

i) Evaluasi dan Pemantauan 

Setelah sistem ERP diterapkan, penting untuk terus mengevaluasi kinerja sistem tersebut,  mengidentifikasi area yang berpotensi terjadi masalah, dan memperbaiki masalah yang muncul.  Memantau penggunaan sistem, memperoleh umpan balik dari pengguna, dan berkomunikasi secara  teratur dengan vendor dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas dan keberhasilan jangka  panjang pemanfaatan sistem ERP.
 

ERP-illustration

Image by Tumisu: https://pixabay.com/illustrations/erp-enterprise-resource-planning-8012424/
Kesemua poin kunci ini ada di dalam setiap tahapan implementasi sistem ERP, sesuai dengan aktifitas dan kepentingannya. 

Keberhasilan implementasi ERP pada suatu perusahaan bergantung pada sejumlah faktor, antara lain:  keterlibatan para pengguna akhir, ketepatan efisiensi biaya, komunikasi yang memadai antara penanggung  jawab dan vendor ERP, testing dan training yang memadai, dan kemampuan perusahaan untuk  meninggalkan masa lalu. 

Nah, bagaimana? 

Sudahkah anda menemukan vendor yang tepat untuk penerapan pemanfaatan sistem ERP untuk perusahaan  anda ? 

Sebagai perusahaan penyedia solusi berbasis teknologi PT. Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ) hadir untuk  anda dalam memberikan solusi untuk jasa pembuatan ERP, serta menyediakan pekerja IT Outsourcing dalam  proses penerapan/ implementasi ERP yang dapat membantu anda.  

PT. Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ) siap menjadi support sistem bagi anda dan perusahaan anda  selama proses implementasi ERP berlangsung. 

Jika anda memiliki pertanyaan, atau ingin konsultasi perihal ERP jangan ragu untuk menghubungi kami BTS.