ERP

Enterprise Resource Planning

Manfaat Sistem ERP

Apa itu ERP?

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang digunakan dalam operasional perusahaan dan manajemen perusahaan untuk mengelola dan meng-otomasi seluruh bagian utama dari bisnis mereka, seperti produksi, distribusi, penjualan, logistik, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, dan lainnya. ERP dirancang sebagai satu software yang dapat mengintegrasikan dan mengoptimalkan operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan dituntut untuk adaptif terhadap perubahan. Untuk mengoptimalkan operasional serta meningkatkan efisiensi pada perusahaan sebaiknya menerapkan sistem ERP. ERP sebagai software manajemen digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengelola proses bisnis mereka secara terintegrasi dan memiliki multi modul. Modul tersebut dirancang agar mampu melayani dan juga mendukung berbagai macam fungsi di dalam perusahaan sehingga lebih efisien dan mampu memberikan pelayanan lebih baik bagi konsumen.

Beberapa modul ERP yang umum antara lain:

  1. Warehouse/Inventory Management (Manajemen Gudang)
  2. Human Resources Management (SDM)
  3. CRM (Customer Relationship Management)
  4. Finance & Accounting Management
  5. SCM (Supply Chain Management)
  6. Sales and Marketing Automation
  7. Purchasing Management
  8. Engineering Production Management

 

Image1

Image Tumisu from Pixabay

Seberapa Penting Sistem ERP Bagi Operasional Perusahaan Anda?

Perlu diketahui, bahwa tidak semua perusahaan cocok menggunakan sistem ERP. Perusahaan yang ingin menerapkan sistem ERP dengan sukses perlu untuk menyesuaikan proses bisnis mereka supaya cocok dengan sistem ERP, atau menyesuaikan keduanya, sistem ERP dan proses bisnisnya sekaligus. Dalam proses penerapan sistem ERP untuk membuatnya cocok secara menyeluruh bisa sangat kompleks dan terkadang bisa juga mengalami kegagalan, yang berakibat kerugian bagi perusahaan.

Untuk itu sangat diperlukan memilih vendor yang sudah jelas memiliki kredibilitas, profesional, berpengalaman, dan terpercaya dalam pembuatan sistem ERP. Salah satunya adalah BTS.id (Bridge Technology Service), sebagai perusahaan IT terbaik yang ada di Indonesia. BTS.id (Bridge Technology Servicemenyediakan sistem ERP terbaik untuk mengelola operasional perusahaan anda.

Salah satu aplikasi ERP terbaik BTS.id (Bridge Technology Service) yang dapat membantu mengelola operasional perusahaan anda adalah CFS (CRM Field Service)CFS (CRM Field Service) dirancang untuk menunjang kinerja perusahaan agar lebih optimal. Human error yang sering terjadi di perusahaan akan bisa diminimalisir dengan software ini sehingga data yang didapatkan lebih real-time dimana data tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam penyusunan laporan maupun untuk bahan evaluasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan bisnis kedepannya.

Business_Flow

Ilustrasi diatas merupakan ilustrasi sederhana pada berjalannya bisnis perusahaan dagang. Diawali dengan alur pertama kali produk masuk melalui pembelian, kemudian masuk ke divisi inventory/warehouse, kemudian didistribusikan ke customer melalui divisi sales, dan semua dokumentasi administratif dilakukan oleh divisi finance/accounting. Semua proses operasional ini ada di bawah pertanggungjawaban seorang manajer. Koordinasi antar divisi sangat penting, dan manajer harus mendapatkan data penjualan harian yang real-time dan ter-updated, untuk bisa segera mengantisipasi jika ditemukan sebuah kejanggalan pada perusahaan.

Berikut sedikit penjelasan fungsi masing-masing role penting dalam perusahaan:

➢ Manager: Manajer perusahaan memegang peran sentral dalam manajemen perusahaan dan bertanggung jawab atas semua lini dan divisi yang terkait. Manajer perusahaan berwenang atas segala pengambilan keputusan dan tindakan apa yang akan dilakukan terkait dengan operasional perusahaan dan manajemen perusahaan terhadap masalah yang ada dalam proses operasional perusahaan. Manajer perusahaan mengontrol dan memastikan semua proses dalam operasional perusahaan sudah sesuai standar manajemen perusahaan tersebut agar dapat berjalan baik dan optimal.

➢ Supervisor: Bertanggung jawab secara spesifik pada satu divisi dalam operasional perusahaan, membawahi beberapa orang staf dan berkoordinasi secara penuh pada Manajer. Semua keputusan dan tindakan yang diambil terkait operasional atau masalah dalam operasional harus dikoordinasikan pada Manajer dan manajemen perusahaan.

➢ Sales/Marketing: Bertanggung jawab atas pemasaran produk dari perusahaan kepada pembeli atau pelanggan, dan bekerja sesuai dengan target masing-masing yang ditetapkan oleh perusahaan. Seorang sales harus menjalin relasi yang baik pada para customer. Setiap sales juga wajib mendokumentasikan transaksi hariannya secara akurat untuk dipertanggungjawabkan kepada manajemen perusahaan.

➢ Warehouse/Inventory: Bertanggung jawab atas produk dan stok produk dari jumlah produk, keamanan produk dalam gudang, dokumentasi dan pembukuan dalam proses transaksi produk. Selain itu divisi inventory juga bertanggung jawab atas pengaturan jadwal pengiriman produk kepada customer.

➢ Finance: Bertanggung jawab atas segala bentuk hasil transaksi harian berupa pembayaran secara tunai, transfer, deposit, piutang dan hutang perusahaan. Memastikan semua transaksi sudah terdokumentasikan dengan baik sesuai SOP yang berlaku, mengontrol pengeluaran operasional harian perusahaan, mengontrol tanggal jatuh tempo hutang dan piutang perusahaan. Finance juga wajib mendokumentasikan semua bentuk biaya operasional perusahaan secara harian.

Image2

Image by Mediamodifier from Pixabay

Dalam penjelasan di atas jelas bisa kita lihat, dalam satu perusahaan dagang terdapat beberapa role dimana masing-masing role beroperasi sesuai dengan standar operasional perusahaan, dan melakukan transaksi kepada customer. Setiap role juga wajib untuk membuat catatan, mendokumentasikan, report secara harian, dimana setiap report antar divisi haruslah berkesinambungan, dan dapat memberikan informasi harian, bulanan bahkan tahunan yang update serta akurat kepada manajemen perusahaan. Untuk bisa mendapatkan laporan harian yang baik, jelas, akurat dan real-time  sudah pasti dibutuhkan sistem aplikasi yang bisa membantu untuk meminimalisir kesalahan dan resiko pada transaksi harian perusahaan.

Sistem ERP khususnya sistem CFS (CRM Field Service) merupakan sistem yang tepat bagi perusahaan, baik perusahaan jasa, dagang, manufaktur, dan perusahaan lainnya. Sistem ERP adalah software untuk mengintegrasi dan mengotomatisasi aktivitas bisnis yang memungkinkan anda dalam mengelola bisnis dengan lebih mudah karena beberapa proses distribusi data akan dilakukan dengan bantuan mesin. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengolahan data secara manual lagi.

Software ERP dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai aspek penting dari operasi bisnis, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, persediaan, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Dengan menggunakan sistem CFS (CRM Field Service) ini, Anda dapat mengkonsolidasikan data dan proses bisnis mereka ke dalam satu platform terpusat, menggantikan sistem manual atau terpisah yang mungkin digunakan sebelumnya. Penerapan sistem ERP sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan dagang, karena dalam pengaplikasiannya, sistem ERP dapat membantu menjalankan perencanaan sumber daya dengan menyatukan semua proses ke dalam satu sistem terpadu.

Sistem ERP sebagai bentuk investasi di bidang IT untuk mendorong kinerja menjadi lebih efisien dan pengembangan bisnis dengan cara mengurangi biaya operasional yang tidak perlu, serta pemanfaatan sistem ERP sendiri punya keuntungan dari berbagai aspek. CFS (CRM Field Service) merupakan salah satu sistem ERP yang sangat tepat, yang bisa membantu menyajikan data ter-up to date terkait dengan operasional perusahaan.

CFS_Mockups

Tunggu apa lagi? Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal. Dengan penggunaan CFS (CRM Field Service) untuk mengelola operasional perusahaan anda, bisnis yang anda jalankan akan lebih efektif dan efisien serta berkembang optimal. Segera hubungi kami BTS.id (Bridge Technology Service) untuk Anda yang ingin mendapat informasi yang Anda butuhkan tentang CFS (CRM Field Service) lebih banyak lagi. Dan Anda juga dapat berkonsultasi untuk semua kebutuhan sistem ERP bagi perusahaan Anda.