Enterprise Resource Planning

Modul ERP

Implementasi ERP

Keuntungan ERP

Mengapa Harus ERP ? 

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang digunakan perusahaan  untuk mengelola dan mengotomatiskan seluruh bagian utama dari bisnis mereka, seperti  produksi, distribusi, penjualan, logistik, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, dan  lainnya. Semakin berkembangnya zaman sudah pasti beriringan dengan berkembangnya  teknologi, persaingan bisnis semakin ketat dan berat, perusahaan-perusahaan bisnis dituntut  untuk adaptif terhadap perubahan. Karena siapa yang tidak bisa menerima perubahan harus  siap tertinggal. Untuk mengoptimalkan operasional serta meningkatkan efisiensi pada  perusahaan sebaiknya menerapkan sistem ERP.  

integrated-ERP-system

ERP memiliki tiga elemen kata. Tiga elemen tersebut adalah enterprise artinya perusahaan  atau organisasi, resource artinya sumber daya, dan planning yang artinya adalah  perencanaan. Secara umum sistem ERP adalah konsep merencanakan dan juga mengelola  sumber daya dari perusahaan berupa paket aplikasi program yang saling terintegrasi dan  multi modul. Modul tersebut dirancang agar mampu melayani dan juga mendukung berbagai  macam fungsi di dalam perusahaan sehingga lebih efisien dan mampu memberikan  pelayanan lebih baik bagi konsumen. 

 

ERP-modules

Beberapa modul ERP yang umum antara lain: 

• Asset Managament (Manajemen aset) 

• Financial Accounting (Fico atau keuangan) 

• Human Resources (SDM) 

• Industry-Spesific Solutions 

• Plant Maintenance 

• Production Planning (Perencanaan produksi) 

• Quality Management (Manajemen mutu) 

• Sales and Distribution (Penjualan dan distribusi) 

• Inventory Management (Manajemen persediaan) 

ERP-in-organization

Salah satu masalah dengan berbagai modul yang telah menjadi standar dalam pembuatan  ERP adalah bahwa modul-modul tersebut mungkin tidak selalu cocok dengan kebutuhan  organisasi dengan tepat. 

Organisasi-organisasi yang berharap menerapkan sistem ERP dengan sukses akan perlu untuk  memodifikasi proses bisnis mereka supaya cocok dengan sistem ERP, atau dalam pembuatan  ERP memodifikasi sistem ERP supaya sesuai dengan bisnis mereka, atau, yang lebih mungkin  lagi, memodifikasi keduanya, sistem ERP dan proses bisnisnya sekaligus.

Seringkali, dalam proses pembuatan ERP aplikasi-aplikasi software tambahan perlu  dikoneksikan ke sistem ERP untuk menangani fungsi-fungsi bisnis yang unik, terutama beberapa  jenis tugas (proses bisnis) khusus terhadap industri tertentu. Dalam pembuartan ERP aplikasi aplikasi semacam ini, biasanya disebut dengan ‘bolt-ons’, tidak selalu di-desain untuk  terkoneksi/berkomunikasi dengan paket-paket ERP.  

Dalam proses pembuatan ERP untuk membuatnya cocok secara menyeluruh bisa sangat  kompleks dan terkadang bisa gagal, yang juga mungkin akan berakibat kerugian bagi  perusahaan. Untuk menghindari hal ini, perusahaan bisa berkonsultasi lebih dahulu pada PT  Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ), salah satu penyedia pembuatan ERP untuk sistem ERP terbaik  yang dapat menyediakan pemasangan aplikasi ERP yang paling ideal untuk perusahaan anda. 

Paket-paket sistem ERP cukup mahal, tetapi pemanfaatan sistem ERP sangat berpengaruh secara signifikan akan penghematan dalam bentuk efisiensi. Manajemen organisasi harus  melatih kepedulian yang besar dalam memutuskan, jika ada sistem ERP yang terbaik buat  mereka. Pembuatan ERP adalah proyek yang kompleks dan memerlukan kerjasama yang erat antara tim proyek, departemen bisnis, dan pihak eksternal seperti vendor ERP. 

meeting-image

Photo by fauxels: https://www.pexels.com/photo/photo-of-people-doing-handshakes-3183197/

ERP merupakan software yang penting bagi perusahaan, terutama perusahaan manufaktur, karena dalam pemanfaatan sistem ERP dapat membantu menjalankan perencanaan sumber  daya dengan menyatukan semua proses ke dalam satu sistem terpadu. Ini bentuk investasi di  bidang IT untuk mendorong kinerja menjadi lebih efisien dan pengembangan bisnis dengan  cara mengurangi biaya operasional yang tidak perlu, serta pemanfaatan sistem ERP sendiri  punya keuntungan dari berbagai aspek. 

Beberapa keuntungan dari pemanfaatan serta penerapan sistem ERP ini adalah :
 

calculating-image

Photo by energepic.com: https://www.pexels.com/photo/person-pointing-on-the-screen-of-a-laptop-313691/

  1. Data bisnis yang akurat dan terintegrasi
    Pemanfaatan sistem ERP membawa keuntungan dan memudahkan perusahaan mengelola  data tunggal dan real-time. Perubahan data di satu bagian, akan memengaruhi pencatatan  di bagian terkait lainnya. Misalnya, bagian penjualan memperbarui data penambahan  penjualan produk, maka otomatis persediaan di gudang juga berkurang, dan penerimaan  akan tercatat di bagian keuangan. Sinkronisasi proses di sejumlah departemen yang  berhubungan ini membantu pekerjaan mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih baik. Pemanfaatan sistem ERP ini membawa keuntungan dalam akurasi data dan terintegrasi. 



    chart-image
    Photo by Lukas: https://www.pexels.com/photo/two-white-printer-papers-near-macbook-on-brown-surface-590016/
  2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan
    Pemanfaatan sistem ERP dalam perusahaan pada keterkaitannya dengan fungsi efektivitas perusahaan tentu akan sangat mempermudah seluruh lini bisnis. Namun, ternyata bukan  hanya fungsi efektivitas yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika memutuskan untuk  menerapkan pembuatan sistem ERP dalam lini bisnisnya. Sebuah perusahaan yang menerapkan konsep Enterprise Resource Planning secara tidak langsung juga akan  meningkatkan operasional perusahaan menjadi lebih produktif dan efisien.

    Keuntungan pemanfaatan sistem ERP dalam perusahaan agar lebih efisien lagi adalah mampu  menekan pengeluaran yang tak dibutuhkan oleh perusahaan. 

    Sedangkan konsep sistem ERP yang sangat fleksibel mampu beradaptasi terhadap setiap  kebutuhan kebutuhan perusahaan. Setiap integrasi, performa hingga flow informasi lini bisnis  yang berjalan dengan baik ketika user mengakses sistem ERP secara tidak langsung  operasional perusahaan akan jauh lebih efisien dan produktif. Bukan hanya itu, pemanfaatan  sistem ERP terbaik pada lini bisnis perusahaan juga mampu melakukan perencanaan hingga  pengendalian dengan rapi dan konsisten dimana hal tersebut akan membawa keuntungan  mendukung kegiatan bisnis perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitor. 

    ERP membantu membuat proses bisnis perusahaan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih  efisien. Dalam keuntungan pemanfaatan sistem ERP perusahaan dapat menghemat biaya  operasional yang tidak perlu, menghilangkan duplikasi data, dan menekan biaya proses  bisnis. Selain biaya, pemanfaatan sistem informasi terpadu ini juga menyingkat waktu  sehingga karyawan lebih efisien dan produktif. 

    Keuntungan memaksimalkan pemanfaatan sistem ERP juga meningkatkan produktivitas dan  kepuasan karyawan. Selain itu, tugas kasar dan manual dihilangkan, sehingga memungkinkan  karyawan mengalokasikan waktu mereka untuk pekerjaan yang lebih bermakna, tentunya  secara signifikan berdampak lebih efisien dan produktif. 



    meeting2-image
    Photo by fauxels: https://www.pexels.com/photo/people-discuss-about-graphs-and-rates-3184292/
  3. Mengembangkan etos kerja dengan standarisasi sistem
    Keuntungan lain dalan pemanfaatan sistem ERP memungkinkan perusahaan menjalankan  proses yang terstruktur dan membangun standar operasional baku. Otomatisasi sistem yang  efektif akan mendorong etos kerja karyawan, mengurangi kecurangan, dan meningkatkan  daya saing perusahaan. 

    ERP memungkinkan kolaborasi antar-departemen dan memberikan akses cepat ke informasi  yang dibutuhkan untuk klien, vendor, dan mitra bisnis. Sistem ini berkontribusi pada  peningkatan respons terhadap pelanggan dan memberikan kepuasan kepada mereka. 



    planning-image
    Photo by Christina Morillo: https://www.pexels.com/photo/man-standing-infront-of-white-board-1181345/
  4. Menciptakan Perencanaan dan Manajemen yang  Terkontrol
    Pada pemanfaatan ERP ada banyak sekali data yang dapat ditampilkan oleh sistem ERP,  bahkan dari unit bisnis yang berbeda beda dalam satu waktu. Pemaparan data ini tentunya  bersifat sistematis, real-time, komprehensif dan pastinya mudah untuk diakses. Perusahaan yang menerapkan sistem ERP dalam lini bisnisnya akan dipermudah dalam hal pemantauan  dan pengendalian proses bisnis dalam perusahaan. 

    Selain itu, pemanfaatan aplikasi sistem ERP juga mampu meningkatkan segala aktivitas harian unit bisnis menjadi lebih efisien seperti halnya kegiatan penjualan, pemasaran, pengiriman  bahkan fungsi quality control. 

    Tujuan Sistem ERP yang terpasang pada tiap lini bisnis perusahaan adalah diharapkan mampu  mempercepat dan mempermudah segala aktivitas perusahaan serta dapat mengintegrasikan  setiap fungsi lini dalam perusahaan untuk dapat diakses secara terpusat dengan  meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi jika tidak menggunakan sistem ERP. 

    Tentunya hal seperti ini sebelumnya bisa dikonsultasikan terlebih dahulu pada BTS.id, untuk bisa  disesuaikan dengan kebutuhan dan skala perusahaan. 



    better-SOP-image
    Photo by Hoang NC: https://www.pexels.com/photo/workers-in-red-t-shirts-in-factory-15947457/
  5. Membentuk SOP yang lebih baik
    Dengan pemanfaatan sistem ERP yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan,  pekerjaan akan lebih terstruktur sehingga tidak hanya tergantung pada individu tertentu saja.  Selain bisa menjadikan setiap divisi menjadi lebih efektiv dan efisien, keuntungan  pemanfaatan sistem ERP juga mampu membentuk SOP perusahaan yang lebih baik. Tanpa  SOP yang jelas operasional perusahaan akan kurang maksimal karena tidak memiliki  landasan dan juga prosedur yang jelas dalam operasionalnya. 

    Pemanfaatan ERP terbukti mampu menunjang kinerja perusahaan. Human error yang sering  terjadi di perusahaan akan bisa diminimalisir dengan sistem ERP Indonesia ini sehingga data  yang didapatkan lebih real time dimana data tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan  dalam penyusunan laporan maupun untuk bahan evaluasi. 



    meeting3-image
    Photo by Kampus Production: https://www.pexels.com/photo/people-sitting-at-the-table-8190804/
  6. Perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih  baik
    Pemanfaatan ERP dapat menjadi alat pendukung dan juga pengambil keputusan yang baik.  ERP ini juga bisa membantu manajemen yang lebih tepat dan akurat dengan pemanfaatan sumber daya seperti material, manusia, dan juga mesin maupun peralatan kerja. Dalam  pengimplementasiannya, sistem ERP ini terbukti mampu menghasilkan laporan yang  diperlukan oleh manajemen. Selain itu laporan tersebut akan bisa di akses oleh manajemen  kapan saja ketika dibutuhkan. Selain mampu membuat perencanaan yang lebih baik, sistem  ERP juga dipercaya bisa meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian. Aktivitas tersebut meliputi pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, dan juga realisasi penjualan. Pemanfaatan  sistem ERP juga mrningkatkan efisiensi manajemen kualitas dan manajemen kas. Berkat  sistem ERP terbaik, waktu penjualan ke kas maupun pembayaran ke pemasok bisa lebih  dipersingkat. 



    building-image
    Photo by Brett Sayles: https://www.pexels.com/photo/multistory-building-on-street-with-trees-7217433/
  7. Skalabilitas dan Fleksibilitas
    Sistem ERP mempunyai sifat fleksibel dapat dengan mudah disesuaikan dengan perubahan  kebutuhan bisnis dan pertumbuhan perusahaan. Sesuai dengan kebutuhan perusahaan  sistem ini dapat diintegrasikan dengan modul tambahan atau mengadopsi fitur baru sesuai  dengan perkembangan teknologi dan persyaratan bisnis.



    team-image
    Photo by fauxels: https://www.pexels.com/photo/photo-of-people-holding-each-other-s-hands-3184423/
  8. Membantu Perusahaan dalam Mengelola Kegiatan Bisnis
    Sistem ERP berfungsi membantu perusahaan dalam mengelola kegiatan bisnis seperti  keuangan, produksi, sales, project, SDM dan lain-lain. Perusahaan diberikan kemudahan  dalam pengelolaan bisnis secara real time dan akurat. Selain itu ERP juga membantu  perusahaan dalam mengumpulkan data transaksi dari berbagai sumber, sehingga  perusahaan akan mempunyai database yang tersimpan secara aman. 

Beberapa contoh Software sistem ERP yang banyak diterapkan oleh Perusahaan dan Tolok  Ukur keberhasilan ERP dalam Sebuah Lini Bisnis 

• ERP sistem Keuangan atau Akuntansi 

• Customer Service Berbasis Partner ERP Microsoft 

• Partner ERP Microsoft di Bidang Stock Opname 

• Microsoft Parner Indonesia untuk Selling Produk 

• POS 

• Meeting Management 

• Field Service 

• Learning Management 

• Supply Chain Management (SCM) 

• Human Resource Management System (HRMS) 

• Business Intelligence (BI) Tools 

• E-commerce Platforms 

• Project Management Tools 

• Document Management System (DMS)

six-core-ideas-of-ERP

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam pemanfaatan sistem ERP dalam  perusahaan. Dilihat dari tujuan dan keuntungan yang didapat maka bisa disimpulkan bahwa  sistem ERP sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan produk atau jasa dan  bisnis offline maupun online. Jadi bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis disarankan untuk  menerapkan sistem ERP pada usaha Anda, sehingga perusahaan ada bisa lebih efisien dan  produktif dalam berproduksi. 

PT. Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ), salah satu penyedia pembuatan ERP untuk sistem ERP  terbaik yang dapat menyediakan pemasangan aplikasi ERP yang paling ideal untuk  perusahaan anda. Kami yakin, pembuatan ERP terbaik tidak dapat asal diterapkan pada  perusahaan, dibutuhkan analisa mendalam untuk menentukan Software sistem ERP yang  terbaik untuk sebuah perusahaan. Jika anda memiliki pertanyaan terkait pembuatan ERP  sistem dalam perusahaan, jangan ragu untuk menghubungi kami BTS.id. Sampai sini dulu  perjumpaan kita, semoga bermanfaat.