IT Outsourcing

Outsourcing

Pengertian Outsourcing

Kelebihan Outsourcing

Jasa Outsourcing dan Segala Kelebihannya

Outsourcing atau alih daya sudah menjadi istilah umum dalam hukum perburuhan Indonesia. Istilah Outsourcing atau alih daya sendiri sebenarnya sudah umum digunakan, bahkan sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 pasal 66. Secara umum istilah ini merujuk pada penggunaan tenaga kerja  pihak ketiga untuk bagian tertentu dari pekerjaan perusahaan.

 

Outsourcing-Flow

Tapi apa itu outsourcing?

Mengutip finansialku, Jumat (21/1/2022), alih daya atau jasa outsourcing adalah pengadaan jasa tenaga  kerja yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Secara teknis, sebuah perusahaan menyediakan tenaga kerja  dengan kompetensi tertentu untuk dipekerjakan di perusahaan lain.

Outsourcing atau alih daya pertama kali dikenal sebagai salah satu strategi bisnis pada tahun 1988 dan  sepanjang tahun 1990 mulai menjadi bagian integral dari ekonomi bisnis. Seiring berkembangnya teknologi,  banyak perusahaan yang mengubah beberapa aktivitas dan manajemennya menjadi berfokus pada mobile maupun internet untuk memperluas bisnisnya. Hal ini tentu membuat bisnis pemanfaatan jasa outsourcing  pun juga semakin berkembang ke arah teknologi atau IT. Selain dapat menghemat waktu, namun juga IT  outsourcing ini cocok untuk perusahaan yang mempunyai sedikit karyawan dan dana yang terbatas.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memakai layanan jasa outsourcing atau alih daya, bahkan di dunia  IT terdapat jasa IT Outsourcing yang fokus menyediakan external IT resource sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Dengan kata lain, IT outsourcing adalah praktik penggunaan sumber daya IT eksternal untuk  mendukung kinerja suatu perusahaan.

Outsourcing-Image-1

Photo by Christina Morillo: https://www.pexels.com/photo/two-women-looking-at-the-code-at-laptop-1181263/

Layanan dari IT outsourcing tersebut, biasanya akan mencakup beberapa hal, seperti:

  • pengembangan aplikasi/perangkat lunak
  • pengembangan web/hosting
  • IT Infrastruktur
  • pengembangan database
  • technical support

Jadi singkatnya, IT outsourcing atau alih daya adalah praktik pemanfaatan sumber daya IT eksternal untuk  membantu berbagai aktivitas IT suatu perusahaan. IT outsourcing ini disebut juga sebagai penyedia tenaga  kerja di bidang IT atau teknologi 

Jenis IT Outsourcing  

Secara umum, IT outsourcing ini terbagi menjadi beberapa jenis, yakni: 

Total-Outsourcing-Diagram

A. Total outsourcing 

Jenis outsourcing atau alih daya ini mengharuskan perusahaan untuk menyerahkan seluruh tugas dan  pekerjaan yang berhubungan dengan IT ke pihak penyedia jasa atau pihak ketiga. Mulai dari  hardware, software, hingga brainware.Total Insourcing 

Jenis total insourcing lebih berfokus pada penyewaan tenaga ahli yang dimiliki oleh penyedia jasa IT  outsourcing kepada perusahaan yang membutuhkan atau pihak penyewa. 

 

Selective-Sourcing-Diagram

B. Selective Sourcing 

Khusus jenis ini perusahaan dapat memilih sendiri fasilitas IT yang akan diserahkan atau dikelola oleh  pihak penyedia layanan IT outsourcing. Misalnya perusahaan ingin membuat aplikasi pembukuan  sebagai produk terbaru mereka, maka perusahaan bisa meminta bantuan jasa IT outsourcing untuk  membuat dan mengembangkan aplikasi tersebut. 

 

Outsourcing-Image-2

Photo by Startup Stock Photos: https://www.pexels.com/photo/two-women-sitting-in-front-of-computer-monitor-7374/

C. De Facto Insourcing 

Pada jenis de facto insourcing pihak penyewa mengalihkan semua hal mengenai masalah IT ke pihak  penyedia layanan atas faktor kemitraan yang telah dibangun sebelumnya. Misalnya ketika di awal  merintis bisnis kamu pernah menyewa jasa IT sourcing untuk membantu mengembangkan aplikasi.  Kemudian saat ini kamu menyerahkan kembali urusan IT perusahaan lainnya kepada IT outsourcing  yang sama untuk dikelola dengan baik.

Beberapa contoh IT outsourcing 

Berikut adalah beberapa contoh layanan IT outsourcing yang sering digunakan oleh perusahaan: 

1. E-Outsourcing 

2. Penyedia layanan aplikasi (ASP) 

3. Cloud computing 

Permasalahan IT dalam perusahaan memang tidak bisa dihindari dan oleh karena itu, perusahaan haruslah  memiliki perencanaan terbaik untuk melindungi aset berharga tersebut. PT. Intersolusi Teknologi Asia  ( BTS.id ) siap melayani Anda untuk mengenal lebih dekat layanan IT outsourcing yang dapat diberikan  kepada Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

 

Benefits-of-IT-Outsourcing

Kelebihan Pemanfaatan Jasa Outsourcing 

IT outsourcing mempunyai banyak keuntungan dan kelebihan dan manfaat bagi perusahaan yang  membutuhkannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari pemanfaatan IT outsourcing: 

1. Lebih Menghemat Waktu dan Biaya 

Keuntungan pertama yang didapat dengan pemanfaatan jasa outsourcing atau IT outsourcing adalah  perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Mulai dari biaya perawatan, waktu, rekrutmen, dan  sumber daya manusia. 

Biaya perawatan IT perusahaan tentu sangat besar, apalagi jika jumlah dan beban perangkat yang  digunakan begitu banyak dan tinggi. Namun, dengan pemanfaatan jasa IT outsourcing perusahaan  tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut. Sebab, semuanya akan langsung ditangani dengan  baik dalam satu paket layanan yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa. 

2. Lebih Fokus pada Bisnis 

Keuntungan kedua yang bisa dirasakan oleh perusahaan dalam pemanfaatan jasa outsourcing khususnya IT outsourcing adalah mereka dapat lebih fokus pada bisnis itu sendiri. Sebab, segala  urusan IT akan ditangani oleh tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman dari pihak jasa IT  outsourcing.  

Perusahaan pun tidak perlu lagi berfokus untuk pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan bisnis  utamanya. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga bisa mengalihdayakan pekerjaan sehari-hari bidang  IT kepada penyedia layanan agar staff IT, perusahaan dapat fokus mengerjakan tugas khusus yang  berdampak langsung pada pendapatan. 

3. Mempercepat Go-To-Market ( GTM ) 

Keuntungan berikutnya adalah bagi perusahaan yang menggunakan strategi marketing omnichannel  mengutamakan kecepatan taktik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya perubahan fitur,  penambahan platform teknologi seperti website, dan kemudahan akses pada aplikasi. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri oleh tim IT internal saja, sehingga membuat perusahaan  menggunakan jasa outsourcing khususnya IT outsourcing untuk membantu mengelola berbagai hal  yang berhubungan dengan aktivitas bisnis dan pemasaran perusahaan dapat cepat tertangani. Dengan begitu, staf internal dapat lebih fokus untuk memikirkan strategi yang akan dilakukan  selanjutnya. 

4. Memiliki SDM yang Expert 

Keuntungan lain yang bisa didapat terutama bagi perusahaan yang tidak memiliki anggaran atau  sumber daya yang memadai untuk mengelola sistem dan layanan IT yang dibutuhkan. Penyedia jasa outsourcing memiliki banyak portofolio dan memiliki sumber daya yang terpercaya, sehingga  perusahaan dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengembangkan bisnisnya. Perusahaan  dapat memanfaatkan sepenuhnya layanan yang ditawarkan IT outsourcing untuk membantu  mempercepat perkembangan perusahaan. 

5. Mengurangi Resiko 

Keuntungan berikutnya dari pemanfaatan jasa outsourcing khususnya IT outsourcing adalah dapat  mengurangi resiko ketidakpastian bisnis di masa depan. Sebab, bisnis yang tidak pasti akan  berdampak pada kesejahteraan karyawan sehingga berpotensi pada pemutusan hubungan kerja. Pemakaian jasa outsourcing ini sangat cocok untuk startup dan bisnis yang baru dirintis atau berskala  kecil. Tujuannya tentu untuk mengurangi resiko kebangkrutan dan kerugian bisnis.

6. Fleksibilitas dan Skalabilitas 

Keuntungan berikutnya adalah jika teknologi informasi mengalami perubahan yang sangat cepat dan  tidak mudah untuk diprediksi. Maka dari itu, perusahaan harus bisa cepat beradaptasi pada setiap  perubahan jika ingin memperoleh layanan yang lebih baik. Dengan pemanfaatan jasa outsourcing khususnya IT outsourcing, perusahaan akan lebih mudah mengikuti perubahan. Sebab, tenaga ahli  dari IT outsourcing biasanya dapat menyesuaikan tren yang sedang terjadi. 

Namun, penting untuk diingat bahwa pemanfaatan jasa outsourcing atau alih daya juga memiliki tantangan  dan risiko yang harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi yang cermat  sebelum memutuskan untuk mengoutsourcing pekerjaan IT dan memilih mitra yang tepat untuk memastikan  bahwa manfaatnya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis perusahaan.  

Sebagai perusahaan penyedia solusi berbasis teknologi PT. Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ) hadir untuk  Anda dalam memberikan solusi untuk jasa IT outsourcing berpengalaman yang dapat membantu Anda. PT.  Intersolusi Teknologi Asia ( BTS.id ) siap menyediakan layanan IT outsourcing yang mampu memenuhi  kebutuhan akan tenaga kerja ahli untuk proyek IT Anda. 

Jika Anda memiliki pertanyaan jasa outsorcing khususnya IT outsourcing untuk perusahaan Anda, jangan  ragu untuk menghubungi kami BTS.id.  

Sampai sini dulu perjumpaan kita, semoga bermanfaat